Apa itu ANBK ?

Pada tanggal 29-30 September dan 6-7 Oktober 2021 telah dilaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer(ANBK) tingkat SMP dan SMA di albinaa islamic boarding school. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

SMP dan SMA albinaa adalah salah satu satuan pendidikan yang menyelenggarakan ANBK dari total keseluruhan satuan pendidikan 58.225 tingkat SMP/MTs dan 22.769 tingkat SMA/MA. Dikarenakan ANBK merupakan sesuatu yang baru bagi satuan pendidikan, proses pengenalan atau sosialisasi materi yang akan diujikan sudah dikenalkan lebih dini oleh para guru pembimbing baik di SMA ataupun di SMP albinaa. Mulai dari kegiatan bimbingan sore ataupun tutorial teknis aplikasi yang digunakan ketika pengujian nanti.

Peserta ANBK.

Peserta yang mengikuti ANBK dipilih dengan metode random sampling oleh kemendikbud dari setiap satuan pendidikan, untuk tingkat SMP dan SMA albinaa diambil 50 peserta secara acak dari kelas 8 dan kelas 11 yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 cadangan. Para peserta sebelum mengikuti ujian di hari yang ditentukan, mereka harus melalui rangkaian gladi resik pengenalan antar muka aplikasi pengujian.

Tamu dari sekolah lain pun hadir dalam bentuk kepengawasan silang, santri-santri albinaa dikawal dalam pengerjaannya oleh para pengawas dari sekolah lain. Hari pertama, santri-santri mengerjakan soal literasi dan survey karakter, di hari kedua mereka menghadapi soal numerasi dan survey lingkungan belajar. Setelah ini, kami masih persiapan ANBK tuk santri-santri SD IT AL BINAA. Untuk kegiatan Event ANBK SMP dan SMA, Alhamdulillah kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pengawas dari sekolah lain dan Pusat Asesmen dan Pembelajaran(pusmenjar) kementrian pendidikan dan kebudayaan selaku bagian teknis penyiapan aplikasi ANBK.

Baarakallahu fiikum.

Share This Post!

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.