AL BINAA ISLAMIC AND SCIENCE COMPETITION 2022.

Alhamdulillah, AL BINAA Islamic Boarding School sukses menghelat final dan penutupan Al Binaa Islamic and Science Competition (AISC) pada Kamis, 10 November 2022. Ajang level nasional yang dibuat khusus untuk pelajar sekolah dasar dan sederajat ini menyuguhkan dua kategori lomba, yaitu Musabaqah Hifdzul Quran dan Olimpiade MIPA. Peserta AISC 2022 berasal dari berbagai daerah, di antaranya Karawang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Deli Serdang.

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony AISC 2022, Kepala SMP IT AL BINAA, Ustadz Sulaeman, S.Pd., M.M. menyatakan bahwa ajang ini diselenggarakan untuk menumbuhkan kecintaan sepenuh hati terhadap Al-Qur’an dan Sains. Hal ini yang mendasari panitia mengangkat tema Menciptakan Insan Cendikia Islam Berdaya Saing Global.

Tema ini kiranya sangat tepat mengingat sampai saat ini kemampuan siswa-siswa Indonesia terbilang masih sangat kurang. Hasil PISA Indonesia—Programme for International Student Assessment atau Program Penilaian Pelajar Internasional—pada 2018 memperlihatkan bahwa kemampuan pelajar Indonesia pada literasi membaca, keterampilan matematika, dan keterampilan sains masih di bawah angka minimun. Ajang ini menjadi harapan untuk dapat meningkatkan kompetensi, keterampilan, pengetahuan, motivasi siswa dalam belajar.

AISC memiliki beberapa tahap, yaitu pendaftaran yang dimulai dari awal hingga akhir Oktober 2022. Setelah itu, seluruh peserta mengikuti technical meeting pada 5 November 2022. Tahap selanjutnya adalah penyisihan dan opening ceremony pada 7 November 2022. Tiga tahap ini dilaksanakan secara daring (online) untuk memudahkan partisipasi peserta. Kepala SMP juga menekankan kejujuran peserta karena babak penyisihan dilakukan melalui Zoom.

Peserta yang lolos pada babak tersebut, selanjutnya mengikuti tahap semifinal dan final pada 10 November 2022 secara luring (offline) di Pesantren AL BINAA IBS. Tahap semifinal lomba MHQ dilaksanakan di Gedung Ukhuwah. Jumlah peserta MHQ pada babak semifinal adalah 10 putra dan 10 putri. Juri pada lomba ini adalah Syaikh Abu Ziyad, Ustadz Hasanudin, dan Ustadz Iklima. Materi lomba adalah Al-Qur’an juz 29 dan 30. Sementara itu, pada Olimpiade MIPA, ada 12 tim yang lolos ke semifinal dan harus bersaing untuk menuntaskan soal-soal Matematika dan IPA.

Setelah melalui perjuangan dan penilaian oleh juri, alhamdulillah, tampillah juara dari setiap kategori lomba.

Juara Cabang Lomba MHQ Putra

  • Juara 1 : Rasyid Abdillah (SDIT Rabbaanii, Bekasi)

  • Juara 2 : Musyaffa Urwah Zaidan (SDIT Ulul Albab, Bekasi)

  • Juara 3 : Muhammad Hasbie Bilbarka Fath (SD Anak Emas Denpasar, Bali)

Juara Cabang Lomba MHQ Putri

  • Juara 1 : Aufa Fitri Al-Izzati (SDN Simpangan 07, Bekasi)

  • Juara 2 : Muthia Afifatunnisa (PKBM Baitul Hasanah, Bekasi)

  • Juara 3 : Azma Nadiya Aqila (SDIT Daarul Fikri, Bekasi)

Cabang Lomba MIPA

  • Juara 1: SD AL FIKRI (Bekasi)

    1. Kaysan Mika Rahil
    2. Muhammad Fathir Al Banna
    3. Naufal Althaf Ramadhan
  • Juara 2: SD ISLAM AL-HILAL (Bekasi)

    1. Ilyas
    2. Abdullah assam
    3. Salman Abdurrahman
  • Juara 3: SD LAMPU IMAN (Karawang)

    1. Xson Gustiar
    2. Fatih Khalid Almady
    3. Daris Dzulfahmi

Untuk anak-anak hebat yang mengikuti AISC 2022, semoga Allah ﷻ selalu memudahkan kalian merengkus ilmu dan kebaikan. Teruslah bertumbuh. Pilihlah jalan-jalan mendaki karena di jalan itu kalian akan bertemu puncak-puncak baru yang gemilang.

Share This Post!

Instagram

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.