Kurikulum Merdeka: Peluang, Tantangan, dan Aplikasinya di Sekolah Islam.

Alhamdulillah, atas segala taufik dari Allah Taala, AL BINAA Islamic Boarding School sukses melaksanakan Seminar Kurikulum dengan tema Kurikulum Merdeka: Peluang, Tantangan, dan Aplikasinya di Sekolah Islam. Kegiatan yang yang diselenggarakan di Gedung Ukhuwah AL BINAA IBS ini menghadirkan Dr. Yogi Anggraena, M.Si. sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan pengajar dan staf di lingkungan AL BINAA, yaitu AL BINAA Kids, TK IT AL BINAA, SD IT AL BINAA, SMP IT AL BINAA, SMA IT AL BINAA, hingga pengajar program Mulazamah dan Talaqqi (MdT) AL BINAA.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Mudir Bidang Pendidikan dan Pengasuhan, Ustaz Agung Wahyu Adhy, Lc. Beliau menegaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka menyambut Visi 2030 Al Binaa, yaitu menjadi rujukan sekolah se-Indonesia dan role model di Asia Tenggara.

Konklusi kurikulum merdeka di sekolah Islam.

Dalam paparannya, narasumber meyakinkan bahwa kurikulum merdeka ini memberikan peluang dan ruang yang besar bagi sekolah untuk merancang pembelajaran yang menekankan pada pembentukan karakter lewat program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau 5P. Untuk mencapai hal tersebut, ada tiga karakteristik utama dalam penerapan kurikulum ini. Pertama, penyederhanaan konten, fokus pada materi esensial. Kedua, pembelajaran berbasis proyek kolaboratif-aplikatif dan lintas mata pelajaran. Ketiga, rumusan capaian pembelajaran dan pengaturan jam pelajaran yang memberi fleksibilitas untuk merancang kurikulum operasional dan pembelajaran sesuai tingkat kemampuan peserta didik. Titik tekan pembelajaran di sekolah adalah penguatan penalaran, bukan banyaknya materi yang diajarkan dan pembentukan karakter melalui program 5P. “Pengetahuan mereka mungkin banyak, tetapi penalaran dan pengalaman mereka belum tentu lebih banyak. Inilah yang perlu diarahkan,” jelas Koordinator Kurikulum Kemdikbudristek ini.

Laporan dari ketua panitia seminar kurikulum merdeka AL BINAA, Ustadz Ruslan, M.Pd حفظه الله

Share This Post!

Instagram

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.