Alhamdulillah, seiring berakhirnya kegiatan belajar mengajar di tahun pelajaran 2014-2015, maka pada puncak acara telah digelar event Haflah Ikhtitam (Upacara Penutupan Akhir Tahun) pada tangggal 3-4 Juli 2015.
Berbagai macam seni dan kreasi para santri telah ditampilkan dalam event Haflah Ikhititam ini. Haflah Ikhtitam santri putri telah dilaksanakan pada malam jum’at 3 Juli 2015 dan telah digelar karya dan kreasi para santri putri dalam menampilkan kebolehannya  memperaktekan dua bahasa yaitu Arab dan Inggris. Kali ini ditampilkan oleh seluruh santri putri angkatan VII yaitu santri putri kelas VII SMPIT Al Binaa. Laiin haknya dengan acara di komplek Putra yang dilaksanakan pada malam sabtu 4 Juli 2015, para santri putra telah menampilkan kebolehannya dalam membaca bait-bait karya Imam Syafi’i dan Bait-bait Kitab Alfiyah Karya Ibnu Malik. Pimpinan Pesantren menyampaikan pesan dalam acara ini terutama dengan akan menghadapi waktu berliburnya para santri dalam liburan Idul Fitri 1436 H, para santri dituntut untuk mempunyai jiwa kesabaran dan  istiqomah untuk senantiasan menjaga apa yang telah Allah Jalla wa ‘Ala perintahkan dan juga meninggalkan hal-hala yang telah dilarang. Pimpinan Pesantren ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc, juga, menyampaikan bahwa santr-santri Al Binaa ini cukup berprestasi, dalam mengukur prestasi para santri tidak hanya difokuskan kepada penilaian angkat angka semata. Dan dalam memberikan rasa untuk para santri agar senantiasa tetap semangat para para ustadz tidak boleh menghukumi santri hanya terbatas pada rangking semata.
Di Al Binaa dalam penyebutan ketercapaian nilai santri, maka alangkah bagus dan bijaksananya kalau dikatakan kepada mereka misal kepada yang masih rendah dalam belajarnya bahwa ketercapaianya nilai terendah si fulan adalah sekian, begitu juga kepada mereka yang telah berhasil mengukir prestasi baiknya, dikatakan kepadanya bahwa ketercapaian nilai tertinggi si fulan dalam kelas ini adalah sekian dan sekian. Jadi tidak ada bahasa rangking dengan nomor urut dari atas sampai yang paling terbawah, karena ini akan membawa nuansa yang tidak mendidik mereka dengan menghukumi hanya karena nilia-nilai angka semata.
Guna memfasilitasi apa yang menjadi amanat kurikulum pendidikan Pesantren Al Binaa, maka Jam’iyyah Tholabah “BRAVE”dan Jamfat AL BINAA  sebagai organisasi resmi santri dibawah bimbingan Pesantren menyelenggarakan HAFLAH IKHTITAM 2015 atau malam puncak apresiasi, kreasi, dan prestasi dengan tema “Pesantrenku Ruang Kreasiku”. Sebagai sebuah kegiatan puncak akhir tahun di Al Binaa tentunya melibatkan seluruh komponen keluarga besar Al Binaa Islamic Boarding School.
Adapun desain acara dalam Haflah Ikhtitam kali ini cukup sangat sederhana, sementara panggung hasil kreasi santri masya Allah sangat luar biasa, maka untuk memberikan dukungan dan penghargaan kepada para santri dan panitia serta  kepada para undangan yang hadir, Pimpinan Pesantren mengapresiasi dengan sedikit sentuhan kuiz yang cukup menyedot perhatian hadirin, Kuiz berlaku untuk para ustadz dan karyawan dengan door prize yang cukup menggembirakan.
Dan pada penghujung acara dalam event Haflah Ikhititam ini telah diberikan ucapan syukur dan penghargaan kepada mereka yang telah berprestasi dan sukses dalam satu tahun pelajaran ini baik kepada santri, ustadz dan juga karyawan.
Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:
Penghargaan dan apresiasi kepada seluruh komponen Al Binaa dimulai dari santri, ustadz, dan karyawan.
Santri terbaik
Karyawan terbaik
Ustadz terbaik
Musyrif terbaik
Juara kelas pararel
Juara lomba eksternal
Penampilan kreatifitas santri-santri albinaa, seperti:
Video 3D Mapping Show
Puisi Arab
Al Binaa Voices
C3S (Class 3 show)
Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan taufiq dan hidayahnya kepada kita semua termasuk dalam kegiatan tersebut. Amiin.