Alhamdulillah, atas pertolongan Allah Jalla wa ‘Ala dan taufiq serta nikmatnya beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 23 – 27 Mei 2016 Pesantren Al Binaa bisa berkunjung ke beberapa lembaga Perguruan Tinggi Islam, Madrasah dan lembaga lembaga  lainnya yang berkiprah dalam dunia dakwah dan pendidikan. Pesantren Al Binaa yang diwakili oleh Tim Majlis Ma’had beserta Perwakilan Ustadz berjumlah 12 orang bertolak dari Bandara Cengkareng Tangerang menuju ke Bandara Interasional Kuala Lumpur Malaysia pada pukul 04.40 WIB hari Senin 23 Mei 2016. Perjalanan ke Malaysia adalah rute pertama sebelum ke Bangkok  Thailand.
Alhamdulillah perjalanan dari Cengkareng menuju Kuala Lumpur Malaysia mendapatkan kemudahan dan kelancaran tepat sesuai dengan jadwal perjalanan tiba di Malaysia. Tujuan Utama ke Malaysia adalah mengunjungi 2 (dua) lembaga yaitu International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Sakan Lembaga Dakwah Al Muntadha. Setibanya di Bandara Kuala Lumpur rombongan Majlis Ma’had disambut oleh salah satu Alumni Al Binaa yang sedang belajar di IIUM yaitu Herbi Arfah, kami semuanya langsung menuju ke IIUM dengan dua kendaraan yang cukup elegan dan nyaman. Sepanjang perjalanan yang cukup menarik dan mempesona dihiasi kanan kiri dengan perkebunan kelapa sawit yang masih produktif, kondisi jalan yang cukup lebar dan jumlah kendaraan yang tidak terlalu banyak.
Alhamdulillah kami langsung menuju ke Universitas Islam Malaysia atau IIUM tepat pukul 10.00 waktu setempat, rombongan kami langsung disambut oleh beberapa unsur dari rektorat IIUM dan langsung menuju ruang meeting. Perkenalan antara kami dan Rektorat IIUM penuh diwarnai dengan keakraban dan kehangatan  karena dalam berkomunikasi masih satu rumpun bahasa melayu dan sesekali dengan bahasa inggris. Dalam mempopulerkan bahasa melayu maka nama Universitas IIUM menjadi UIAM (Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia). Pertemuan dihadiri oleh Rektor, Bagian Keuangan, Bagian Peneriman Mahasiswa Antar Bangsa, Bagian Sakan dan Kurikulum. Seiring dengan tujuan utama kami berkunjung ke IIUM atau UIAM Malaysia adalah untuk membuka jalur bagi para alumni Al Binaa agar bisa melanjutkan studi SI dan S2 di Universitas tersebut. Dari pertemuan kami dengan rektorat IIUM ada banyak peluang bagaimana alumni Al Binaa bisa masuk kesana. Yang dimulai dengan peninjauan oleh Tim Assesor IIUM ke Pesantren Al Binaa serta terus menjalin komunikasi tentang perkembangan para santri dan muatan kurikulum.
Di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (UIAM) Jl. Gombak Selanggor kami diajak berkeliling ke beberapa tempat yang cukup strategis yaitu Perpustakaan yang luar biasa tertib, rapi dan teradministrasi secara modern dan proforsional dengan jumlah koleksi buku yang sangat banyak yang sungguh sangat potensial untuk menjadi rujukan para Mahasiswa yang studi disana.
Singkat perjalanan kami-pun langsung menuju ke lokasi yang selanjutnya yaitu Lembaga Dakwah Al Munthada kurang lebih perjalanan sekitar 20 km dari UIAM, setibanya disana kami langsung disambut oleh Syeikh Dr. Fuad sebagai pimpinan Sakan di Lembaga Dakwah Al Muntadha yang pernah berkunjung juga ke Al Binaa beberapa tahun yang lalu dan 2 orang ustadz lainnya. Di Sakan Al Muntadha telah dikelola para Mahasiswa pilihan dari berbagai negara termasuk Indonesia dengan beasiswa penuh yang jumnlahnya tidak kurang dari 40 mahasiswa. Kegiatan di Sakan cukup banyak dan positif didukung dengan fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kegiatan para Mahasiswa seperti sarana olahraga, kolam renang kegiatan rihlah ilmiah, mukhoyyam tarbawy dan beberapa kegiatan lifeskill lainnya. Tidak terlalu panjang kunjungan kami di Sakan Al Muntadha ini mengingat waktu yang terbatas, setelah pengambilan gambar dan penyerahan Buku Profile Al Binaa, kamipun ijin untuk melanjutkan perjalanan. Rombongan kami diantar untuk menuju tempat istirahat di De Palma Hotel Ampang yang kebetulan tidak terlalu jauh dari lokasi Sakan Al Muntadha. Setelah sholat jama Maghrib dan Isya kami-pun istrirahat untuk persiapan besok harinya melanjutkan perjalanan ke Bangkok Thailand. …… (Bersambung)