Alhamdulillah atas segala karunia dan nimat yang Allah Jalla wa ‘Ala berikan bahwa Al Binaa telah kedatangan tamu dari Negara Kamboja yang tujuan mereka dalam rangka Kunjungan Studi Banding dan Silaturrahim, Kedatangan mereka sebanyak 7 orang yang mewakili dari 6 lembaga pendidikan di Negaranya mereka berada di Al Binaa selama dua hari dari 23-24 Februari 2016.
Dengan disambut oleh Anggota Majlis Ma’had Al Binaa di Kantor Pusat Administrasi dan dipimpin langsung oleh Mudirul Ma’had Ustadz Aslam Muhsin Abiidn, Lc. Tentu kedatangan mereka ke Indonesia adalah ada maksud dan tujuan yang ingin dicapai sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan di lembaganya. Erat kaitannya apa yang mereka inginkan dari Al Binaa sekiranya bisa menjadi sebuah pilot project dan rujukan bagi lembaganya. Sorotan dan pertanyaan yang paling mendasar adalah tentang pengelolaan sistem halaqoh qur’an dan keadministrasiannya, sumber daya manusia, kurikulum pendidikan, sistem pembelajaran di kelas, pengelolaan sistem keasramaan, pendekatan antara reaward dan punishmen dalam pelaksanaan kegiatan baik di sekolah maupun asrama, pengelolaan sistem masuk dan keluar keuangan para siswa sampai bagaimana cara penilaian para guru terhadap para siswanya.
Mereka ber-tujuh adalah mewakili dari ke-enam lembaga pendidikan di Negara Kamboja dalam empat tingkatan mulai SD, SMP, SMA, Yayasan dan Perguruan Tinggi. Ke-tujuh orang tersebut adalah: (1) Ustadz Hasan Sholeh sebagai Musyrif dari Markaz Abu Bakar di Wilayah Kampong Samnanh Kamboja, (2) Ilyas Shab sebagai Mudir dari Sekolah Nurul Iman di Wilayah Jarwa Provinsi Kandal, (3) Kholil Faws sebagai Mudir di MArkaz Al Islamy di Provinsi Kandal, (4) Ramli Qosim sebagai Direktur Jam’iyyah As-Shodaqoh Al-Khoiriyah di Ibukota Phnom Penh Kamboja, (5) Sya’roni Ya’kub sebagai Pimpinan Markaz As-Tsaqofi di Ibukota Phnom Penh, (6) Qomary Ibrohim sebagai Wakil Mudir Jam’iyyah At-Tadomun di Phnom Penh dan (7) As’Ary Sholeh sebagai Pimpinan lembaga Jam’iyyah At-Thadomun di Phnom Penh Kamboja. Kunjungan silaturrahim alhamdulilah berjalan lancar selain mereka menyimak pemaparan dari masing-masing Kepala Bidang dari Pesantren Al Binaa yang mewakilinya dengan seluruh rangkaian pemaparan berbahasa Arab, mereka juga dibawa berjalan mengitari seluruh areal Kampus Al Binaa guna mengenalkan lebih dekat lagi bagaimana kondisi ril di lapangan..
Kesan yang sangat bagus dari mereka selama berada di Pesantren Al Binaa dan diakhir rangkaian kegiatan Pimpinan Pesantren Ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc melepas kepulangan mereka dengan pemberian cindramata dan poto bersama, dan mereka akan melanjutkan lagi perjalanan untuk studi banding ke tempat lain yaitu  Ma’had ‘Aly Ar-Royah di Sukabumi selama 2 hari.
Laporan : Majlis Ma’had Al Binaa