Lomba Resensi dan Bedah Buku Al Binaa

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين و بعد.

Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, Bagian Perpustakaan Ma’had Al-Binaa akhirnya telah selesai menyelenggarakan kegiatan Lomba Resensi Buku bagi santri SMP dan SMA Al-Binaa pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 ini. Lomba resensi buku ini terlaksana berkat kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia. Kali ini buku yang terpilih untuk menjadi bahan lomba resensi adalah buku terjemahan karya Syekh Yusuf Abdul Karim yang berjudul ‘Barisan Pemuda Zaman Nabi  ‘.

Rangkaian acara lomba resensi ini diawali dengan sosialisasi tentang lomba resensi yang bertempat di Ruang Pertemuan Ma’had Aly pada Selasa, 28 Januari 2020. Dalam acara yang dihadiri oleh para santri peserta lomba ini, para guru pengajar Bahasa Indonesia yang tergabung dalam Forum MGMP menyampaikan materi tentang pentingnya membaca, teknik meresensi buku, serta ketentuan lomba resensi ini. Para peserta juga diinformasikan bahwa tenggat akhir pengumpulan naskah adalah pada tanggal 23 Februari 2020.

Setelah semua naskah resensi telah terkumpul, para guru bahasa Indonesia sebagai juri lomba lantas menyeleksi dan menilai naskah satu per satu dari para peserta lomba. Pada Kamis, 27 Februari 2020 para juri telah menetapkan para pemenang lomba resensi ini sebanyak 10 orang, yakni masing-masing 2 orang pemenang dari kelas 7 SMP sampai kelas 11 SMA. Kesepuluh santri tersebut diberikan apresiasi awal menjadi peserta rombongan Kunjungan Ilmiah Al-Binaa ke Islamic Book Fair 2020 yang diadakan pada keesokan harinya, Jumat, 28 Februari 2020. Berikut nama-nama santri pemenang lomba resensi buku tersebut.

Keikutsertaan santri albinaa.

Kelas Juara 1 Juara 2
7 SMP Muhammad Ghaisan Raya  (7E) Muhammad Trulian Asyfra  (7C)
8 SMP Zaid Abdul Roshid  (8G) Muhammad Khairul Hifzhi  (8G)
9 SMP Ubaidillah  (9E) Zacky Farel Muhammad  (9F)
10 SMA Rafie Altaf P  (10 D) Lutfi Yaseer  (10 B)
11 SMA Rijalulhaq Abdilbarr  (11 E) Muhammad Gumilang H  (11 A)

Berselang 8 hari kemudian, pada apel pekanan sekolah di Sabtu pagi, 7 Maret 2020 dilaksanakan seremoni Pemberian Sertifikat Penghargaan kepada Para Pemenang Lomba Resensi, yang diserahkan oleh Wakil Kepala SMP Bid. Ektrakurikuler Ustadz Yudi Firmansah, S.Pd. Dipilihnya waktu pengumuman dan penghargaan pemenang pada apel pagi pekanan agar dapat menjadi momen apresiasi bagi santri berprestasi serta dalam rangka memotivasi santri-santri lainnya untuk menumbuhkan jiwa ‘fastabiqul khoirot’ (berlomba-lomba dalam kebaikan)

Tidak berhenti hanya di pengumuman dan penghargaan pemenang saja, acara lomba resensi ini pada puncaknya diikuti pula dengan acara Bedah Buku ‘ Barisan Pemuda Zaman Nabi  ‘ yang dibawakan oleh Ustadz Irfan Halim, Lc. Acara ini diselenggarakan di Ruang Serba Guna 1 pada Senin, 9 Maret 2020 pukul 10.40 sampai zuhur dan diikuti oleh seluruh santri putra SMP dan SMA Al-Binaa. Melalui acara bedah buku ini diharapkan faidah dan hikmah yang terkandung dalam buku tersebut dapat diambil tidak hanya oleh para santri peserta lomba resensi saja, namun juga oleh seluruh santri putra SMP dan SMA Al-Binaa.

Baarakallahu fiikum

Laporan :

Al Akh Taufiq Nuruddin حَفِظَهُ اللهُ

Twitter kami

Recent Posts

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.