Alhamdulillah, seminar pendidikan yang bertema Dengan Profesionalitas Guru, Kita Tingkatkan Prestasi Belajar Santri telah sukses diselenggarakan oleh Departemen PSDM AlBinaa. seminar pendidikan ini diadakan pada hari Ahad, 27 Desember 2015 dan dihadiri oleh hampir seluruh Guru dan Musyrif SD-SMP-SMA IT Al Binaa baik putra maupun putri.
Seminar pendidikan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd yang merupakan seorang Pakar Pendidikan dengan pengalaman sebagai Guru Bahasa Inggris, Kepala Sekolah, Guru Besar UNJ, Anggota MPR mewakili profesional guru bahkan diangkat sebagai Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2002 dan pada tahun 2004-2007 sebagai anggota Dewan Ekskutif UNESCO di Paris, Prancis.
Pak Arief Rachman mengutip definisi pendidikan yang terdapat dalam UU Sisdiknas 2003 pasal 1 ayat 1 “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.

Pendidikan dikatakan sukses jika mampu mengantarkan pelajar menjadi bertaqwa kepada Allah, berkepribadian matang, berilmu mutakhi dan berprestasi, mempunyai rasa kebangsaan, dan berwawasan global.
Guru sebenarnya memiliki amanah yang besar dalam mendidik santri karena harus memperhatikan berbagai potensi ragam kecerdasan santri seperti potensi spiritual, potensi akal, potensi, jasmani, potensi perasaan dan potensi sosial.
Guru berusaha agar dirinya dan para santri dapat mengembangkan setidaknya 21 karakter dan dapat tertanam dalam diri, seperti:

  1. Yakin akan kehadiran Allah
  2. Semangat kerja keras
  3. Berfikir luas dan terbuka
  4. Berusaha untuk sanggup bekerja dan bertanggung jawab
  5. Hangat, optimis dan bersyukur
  6. Bersih, tertib dan rapih
  7. Berani untuk yang benar
  8. Bersedia memberi dan meminta maaf
  9. Toleran terhadap kekurangan
  10. Penolong
  11. Kreatif, imaginatif, keluar dari kebiasaan untuk yang baik
  12. Mandiri, yakin akan kekuatan diri tetapi rendah hati
  13. Mau belajar dan berfikir ilmiah
  14. Ajeg, konsiste memakai nalar
  15. Halus perasaan, kasih, cinta dan sayang
  16. Hormat, disiplin dan taat azaz
  17. Sopan santun
  18. Dapat dipercaya (amanah)
  19. Dapat mengendalikan diri
  20. Bersifat adil dan sportif
  21. Berikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT.

Beliau menyempatkan waktunya untuk visiiting ke ruang kelas hal ini guna memberikan motivasi kepada para santri untuk semangat dan serius dalam belajar. Diusianya beliau yang cukup senja tidak mengendorkan semangatnya untuk memberikan energi terbaru dan memupuk akar yang kuat dalam dunia pendidikan agar lebih terarah, terlebih hal cukup mengena ketika beliau menyampaikan materi  yang sangat baik dan interaktif dihadapat para guru Al Binaa.
Keteladanan beliaupun sebagai pribadi  pendidik yang baik pemberi contoh kepada yang muda yang notabenenya banyak waktu luang dan mampu, maka cukuplah sebagai gambaran untuk memberikan spririt dalam meningkatkan kekuatan ibadah kita kepada Allah Jalla wa’ Ala terutama dalam menjaga amalam-amalan sunnah, Pak Arief Rachman cukup mengammbil air wudlu dan langsung menuju ke Masjid untuk melaksanakan sholat duha sebelum acara seminar dimulai, masyaa Allah.
Ust. Hasyim, S.Pd (Kepala Sekolah SMP IT AlBinaa) dalam komentarnya setelah seminar “Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd beberapa kali dipenjara karena memperjuangkan prinsip cukup bagiku sebagai inspirasi yang sangat kuat…. Semoga Allah menjaga Beliau. Dipenjara bukan karena korupsi atau criminal…” Bahkan di akhir seminar diadakan sesi foto-foto Guru dan Musyrif SD-SMP-SMA IT Albinaa dengan Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd.