TOBINAA – TOKO AL BINAA.

Pondok pesantren albinaa, Bekasi, pada tanggal 27 Oktober 2021 telah meresmikan 2 lini usaha baru yaitu “Tobinaa” dan “Binaa bakery resto”. Kedua lini usaha baru yang digawangi oleh Binaa Enterprise ini terletak di luar komplek pesantren albinaa. Tobinaa (toko albinaa) merupakan lini usaha yang bergerak dibidang ritel. Mengapa ritel? Dengan besarnya volume pasar dan tingginya konsumsi rumah tangga, menjadikan pasar sektor ritel di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan untuk di eksplorasi.

Sektor ritel terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Tercatat sektor ritel bertumbuh sekitar 8% setiap tahunnya. Dari total 800 miliar dollar AS, nilai pasar ritel di Asia, Indonesia menghasilkan sebesar 300 miliar dollar AS dan 70-80% nilai tersebut bersumber dari pengecer tradisional. Dengan melihat data seperti itu, untuk memperkuat ekonomi umat yang berlandaskan syariah, albinaa harus ikut mengambil porsi dalam pertumbuhan sektor ritel yang didominasi oleh korporasi-korporasi besar yang mayoritas tidak menjalankan bisnis mereka dengan syar’i.

Binaa Resto & Bakery.

Sedangkan “Binaa bakery resto” merupakan lini usaha yang bergerak dibidang kuliner yang terdiri dari dua menu, yaitu roti manis fresh from the oven yang dipadukan dengan berbagai macam menu resto diantaranya makanan khas arab.

Lini usaha diatas dinahkodai oleh “Binaa Enterprise” yang merupakan divisi pengembangan bisnis pesantren yang berfokus pada bidang bisnis dan usaha dengan harapan dapat terwujudnya kemandirian ekonomi pesantren albinaa yang sampai saat ini masih tergantung dari pendanaan rutin seperti SPP dan dari para donatur. Jika kemandirian ini terwujud dan sustainable, biaya operasional pesantren pun bisa dibiayai oleh divisi ini sehingga tidak membebani ke SPP santri ataupun donatur. Dimasa depan kita ingin melihat sebuah lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau untuk semua kalangan.

Kami mohon doa dan support dari semua kalangan atas berdirinya dua lini usaha ini. Semoga dapat menebar manfaat sebesar-besarnya bagi kaum muslimin.

Baarakallahu fiikum.

Share This Post!

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.