Santri AL BINAA di Indonesia International Invention Expo 2022.

Indonesia International Invention Expo (IIIEX) merupakan salah satu event tingkat internasional yang rutin diselenggarakan di kota-kota besar oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) di Indonesia. Akhir tahun 2022 ini, IYSA menggandeng Politeknik Negeri Semarang (Polines) dalam menyelenggarakan IIIEX 2022 di Semarang pada tanggal 14 – 17 Oktober 2022. IIIEX memiliki 14 bidang lomba yaitu Agriculture & Aquaculture, Industry 4.0, Energy, Electronics & IoT, Biotechnology, Social Science, Chemistry, Life Science, Nanotechnology, Biology, Environtment, Mathematic, Food, dan yang terakhir Physics & Engineering. Lebih dari 2000 sekolah/partisipan baik online maupun offline dari dalam dan luar negeri. SMA IT Al Binaa Islamic Boarding School merupakan salah satu peserta yang ikut menunjukkan karyanya di acara tersebut.

SMA IT Al Binaa mengirimkan 1 tim yang terdiri dari Rakeyan Cakra Wicaksana (10 / 4 A) selaku ketua tim, Marsa Raditya Kesumawardani (10 / 4 D) dan Ustadz Azhar Faturohman Ahidin, S.Si selaku Pembimbing. Tim SMA IT Al Binaa sudah mempersiapkan dan membangun project dari bulan Juli hingga September 2022. Tim melakukan bimbingan rutin hampir setiap malam baik dari pembimbing internal Al Binaa maupun tentor eksternal dari luar di Laboratorium Fisika Lantai 2 Kampus A. Berbagai masalah dihadapi higga akhirnya project siap untuk dilombakan.

Tim mulai mempersiapkan keberangkatan lomba di Semarang seminggu sebelum hari H. Tim diberangkatkan pada Hari Jumat, 14 Oktober 2022 pukul 06.30 WIB menggunakan mobil dinas SMA dan tiba di lokasi acara (Ruang Serbaguna, Polines) pada hari yang sama pukul 12.30 WIB. Tim menghadiri upacara pembukaan yang diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB. Selesai pembukaan, tim bergegas ke penginapan untuk beristirahat dan mempersiapkan karya pada keesokan harinya.

Hari Sabtu, 15 Oktober 2022 pukul 07.30 WIB, tim bekerjasama melakukan booth set-up atau penataan tempat pameran di Ruang Serbaguna, Polines. Orang tua santri juga ikut hadir membantu, mendukung dan memeriahkan booth kami hingga akhirnya tim siap untuk melakukan presentasi dan penjurian dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Tim melakukan presentasi menggunakan bahasa inggis baik kepada juri maupun pengunjung yang datang ke booth. Alhamdlillah booth kami selalu ramai dengan pengunjung karena kami selalu memberikan souvenir menarik khas Al Binaa (pamflet PSB, payung dan mug) kepada siapapun yang berkunjung. Hal ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk promosi dan branding Al Binaa. Ikhtiar yang maksimal dan doa sudah kami lakukan, tinggal menunggu keputusan pemenang di acara penganugerahan pada hari Senin siang.

Pengumuman pemenang.

Akhirnya hal yang ditunggu-tunggu datang. Hari Senin, pukul 13.00 WIB di Ruang Serbaguna Polines kami menghadiri acara penganugerahan untuk melihat hasil lomba. Rasa tegang dan cemas bercampur aduk dibenak tim ketika menghadiri acara penganugerahan tersebut. Satu per satu nama sekolah yang juara disebutkan, namun belum ada nama sekolah kami. Tim sudah mulai cemas, namun ternyata …

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Tim SMA IT Al Binaa meraih medali emas pada kategori Electronics and Internet of Things (IoT) dan juga meraih medali Doza Srekza Macedonia Special Award di event IIIEX 2022. Semoga dengan capaian dua medali ini dapat memberi semangat kepada seluruh santri dan pihak sekolah agar terus mengoptimalkan budaya belajar dan berkarya yang lebih baik di lingkungan pesantren agar dapat meningkatkan prestasi santri di semua jenis lomba. Jazakumullah khair.

Share This Post!

Instagram

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.