Musabaqoh hafalan Al-Qur’an dan Hadits  tk. Nasional ke-12.

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين و بعد.

Perhelatan Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud baru saja berakhir. Ajang perlombaan para penghafal Alquran dan hadits yang dibuka 3 Februari itu telah resmi ditutup oleh Menteri Agama Fachrul Razi pada Kamis, 6 Februari 2020 di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

MHQH ke -12 ini berlangsung dari tgl 3 – 6 februari 2020 di jakarta .Diikuti sebanyak 155 peserta putra dan 103 peserta putri yang ambil bagian dalam ajang bergengsi tersebut.

Ada empat kategori lomba yang dipertandingkan, yaitu: 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz, serta satu kategori hafalan hadits yakni Kitab Umdatul Ahkam.

Acara berlangsung sangat apik, peserta sebanyak 200-an orang berlomba-lomba dalam menggapai kebaikan dalam menghafal al qur’an dan al hadits.  Event ini merupakan salah satu acara monumental yang merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan kerajaan Saudi Arabia. Seperti yang dikatakan oleh menteri agama :

“Acara musabaqah ini menjadi salah satu simbol persatuan dan persaudaraan antara Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia.”

Hadir pula Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi, Atase Agama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi, Syaikh Ahmad Bin Isa Al Hazimiy, para duta besar negara sahabat, dewan hakim MHQH ke 12, para pejabat Kemenag, peserta MHQH dan jajaran Atase Kedubes Arab Saudi.

Keikutsertaan santri albinaa.

Untuk melatih dan memotivasi santri untuk menghafal lebih baik lagi, albinaa mengutus tiap tahunnya santri albinaa di ajang tersebut. Tahun ini albinaa mengirim dua santri putra atas nama :

  • Kalaj Nazhiful Haq – kategori 10 juz

  • Muhammad Rheyhan Izza Wahyudi – kategori hadits

Tidak ketinggalan santriwati albinaa putri juga ikut dalam ajang ini, yaitu :

  • Alya Zahra – kategori 10 juz

Alhamdulillah dengan nikmatNya yang sempurna,  dua santri Al-binaa masuk final yakni : Ananda Halaj Naziful Haq dan Ananda Muhammad Rheyhan Izza Wahyudi .

Untuk  Hadits akan mewakili Indonesia pada ajang serupa di tingkat ASEAN dan Pasifik, 9-12 Maret mendatang. Pada ajang itu, wakil Indonesia akan bersaing dengan peserta dari 26 negara lain.

Kami berharap do’a dari Asatidzah dan Keluarga besar Albinaa semoga diajang Asean & Pasifik lebih baik lagi.

Baarakallahu fiikum

Laporan :

al ustadz Zurmalis Udin Hadi Siswoyo, S.Pd.I. حَفِظَهُ اللهُ

(pembimbing lomba MHQH)

Share This Post!

Twitter kami

Recent Posts

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.