Musabaqoh Hafalan Al-Qur’an (MHQ) Tingkat Nasional ke-6.

Pondok Pesantren Darunnajah melaksanakan MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an) ke-6 tingkat Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 November 2021 Masehi yang bertepatan dengan 4-6 Robiul Akhir 1443 H.

Pada kesempatan kali ini acara tahunan MHQ(Musabaqoh Hifdzil Qur’an)  hanya dapat dilakukan tingkat Nasional, disebabkan adanya Covid-19 yang sedang merajalela dimana-mana. Acara yang biasanya dilakukan tingkat Asean kini hanya dapat dilakukan tingkat Nasional,walaupun begitu harus tetap kita syukuri acara ini dapat terlaksana.

Acara MHQ kali ini berasal dari berbagai pondok pesantren diseluruh indonesia, yang diperkenankan untuk hadir memeriahkan acara MHQ(Musabaqoh Hifdzil Qur’an) ke-6 tingkat Nasional Pondok Pesantren Darunnajah.

Apa sih MHQ itu?

Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) adalah perlombaan membaca dengan tartil atau murottal hafalan Al Qur’an. Lomba Ini bertujuan menguji sejauh mana kelancaran hapalan Al-Qur’an peserta.

MHQ dibagi menjadi beberapa jenis golongan juz:

  1. MHQ 1 juz (Juz ‘ama)
  2. MHQ 5 juz
  3. MHQ 10 juz
  4. MHQ 15 juz
  5. MHQ 20 juz
  6. MHQ 25 juz
  7. MHQ 30 juz

Setelah sambutan-sambutan yang telah disampaikan, pemberitahuan tempat-tempat MHQ sesuai dengan golongan juz yang dituju oleh para peserta yang berasal dari berbagai pondok pesantren. Kemudian para peserta akan diarahkan ketempatnya masing-masing oleh para penanggung jawab bagiannya.

Lomba MHQ ini berlangsung dari pagi hari pada pukul 07.30 hingga pukul 11.30, kemudian akan dilanjut lagi setelah menunaikan sholat dzuhur dan istirahat sejenak. Sekitar 12.30 acara dimulai kembali hingga 15.00 menjelang sholat ashar, setelahnya dilanjutkan kembali setelah sholat ashar hingga menjelang waktu sholat maghrib dan kemudian diberikan waktu istirahat kembali untuk menunaikan sholat maghrib berjama’ah, makan malam dan istirahat hingga waktu menunaikan sholat isya. Setelahnya dilanjut kembali setelah sholat isya hingga waktu yang ditentukan.

Para peserta MHQ akan mendapatkan gilirannya masing-masing sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh para panitia, jika semua peserta telah mendapat giliranya maka selesailah sudah kegiatan MHQ pada hari pertama, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat ditempat yang telah disediakan.

Keikutsertaan santri albinaa.

Untuk melatih dan memotivasi santri untuk menghafal lebih baik lagi, albinaa mengutus tiap tahunnya santri albinaa di ajang tersebut. Dan alhamdulillah, nama santriwati berikut ini telah mendapatkan juara di kategorinya masing-masing :

  • NASYWA ATHAYA SUCI  (11 F)- Juara ke-2 kategori 5 juz

  • YUANISA (9 H)– juara ke-3 kategori 10 juz

Semoga prestasi mereka berdua menjadi booster semangat bagi santriwati yang lain agar mengikuti jejak mereka dalam meniti jalan para penghafal al-qur’an

~ Laporan jalannya acara dikutip dari artikel resmi darunnajah dan disadur ulang oleh admin ~

Share This Post!

Instagram

Twitter kami

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.