Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala Alihi wa Ashabihi Ajma’in. Amma ba’du. Puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan segala kemudahan dan taufiq dari ALLAH, Albinaa telah merampungkan pemasangan cctv di seluruh ruang kelas, baik SMP maupun SMA. Maksud atau tujuan dari pemasangan CCTV tersebut adalah sebagai salah satu bentuk perhatian pesantren kepada santri-santrinya untuk bisa lebih maksimal dalam belajar, mengurangi indisipliner di kelas, dan lebih memaksimalkan keamanan di kelas.
Seiring dengan motto AL BINAA: Nafwal Afdhol, To The Best. Disisi lain pemasangan tersebut memiliki tujuan lain yaitu melatih dan membangun karakter orang-orang beriman kepada santri-santri AL BINAA yang salah satunya adalah selalu merasa diawasi atau muraqabatullah sehingga karakter ihsan bisa terus dipupuk. Dengan pengkondisian tersebut diharapkan kita dapat selalu dilatih untuk selalu menampilkan perilaku positif, meski berawal dari pembiasaan sampai kemudian menjadi kebiasaan.
Dari kebiasaan itulah nantinya karakter positif santri diharapkan dapat terbentuk. Ada kondisi-kondisi tertentu terhadap ‘sesuatu’ yang bisa diperbaiki secara mekanis atau paksa. Analoginya, anggaplah CCTV itu sebagai gigi dalam tubuh kita. Gigi bekerja secara paksa atau mekanis untuk melembutkan makanan-makanan yang keras sehingga makanan selanjutnya mudah dicerna oleh tubuh kita; sehingga metabolisme tubuh kita akan sehat. Nah, begitulah dengan CCTV diharapkan proses interaksi KBM atau transfer ilmu menjadi lebih positif, bukan untuk membentuk artificial intelligence sesaat. Mudah-mudahan akan ada banyak kebaikannya dari pemasangan CCTV tersebut. []
(Oleh Abu Fahmi – Saepul Anwar, S.Pd.)