Kunjungan Study Banding dari Yayasan As-Sunnah Cirebon

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين و بعد.

Rabu (26/2) Ma’had Al-Binaa menerima kunjungan dan study banding keempat di bulan Februari, kali ini dari Yayasan As-Sunnah Cirebon. Rombongan terdiri atas 5 orang:

  1. Muksin (Bid. Pendidikan)
  2. Aziz Rachman (Bid. Pendidikan)
  3. Ginanjar Nugraha  (Bid. Ekonomi)
  4. Ahmad Sowi (Bid. K3)
  5. Benny Y Saputra  (Bid. Sarana Prasarana)

Rombongan sampai di Al-Binaa sekitar pukul 07.40 dan langsung disambut di ruang Majlas (lt. 2 Binaa Mart) untuk sesi ramah tamah sekaligus sarapan bersama. Dalam sesi ini dari pihak Al-Binaa turut hadir Sekretaris Pesantren dan jajaran struktural SMP dan SMA Al-Binaa.

Sekitar pukul 08.20, acara study banding dimulai dengan pembukaan oleh Ustadz Ghazy Haidar Yafi selaku MC, yang lantas disambung dengan kesempatan untuk penyampaian sambutan dari perwakilan pihak Yayasan As-Sunnah Cirebon. Ustadz Aziz Rachman yang berbicara mewakili pihak As-Sunnah Cirebon dalam sambutannya menyampaikan maksud dari kunjungan ini adalah untuk ikut mengambil faidah dari pengelolaan hal-hal yang umum/ada di lembaga pendidikan, seperti ketertiban dan kebersihan, termasuk juga soal pengelolaan sampah. Ke depannya beliau juga berharap pasca kunjungan ini akan terus terjalin kerjasama dan ta’awun ‘alal birri wat taqwa (tolong menolong dalam kebaikan dan takwa) antara kedua lembaga.

Seusai sambutan dari Yayasan As-Sunnah, berikutnya sambutan dari pihak Al-Binaa yang disampaikan oleh Ustadz Sofyan Toha, S.Si selaku Sekretaris Pesantren. Beliau menyatakan bahwa silaturahmi ini sesungguhnya merupakan pertemuan kedua lembaga yang memiliki kesamaan berkiprah di medan dakwah dan dunia pendidikan. Ditambahkan oleh beliau, Al-Binaa akan terbuka dalam memberikan data-data dan informasi yang diperlukan, sebagaimana yang sudah-sudah dalam kunjungan-kunjungan dari lembaga lain sebelumnya.

Setelah sesi sambutan dari kedua belah pihak, acara kemudian beralih kepada presentasi materi study banding. Sesi presentasi materi pertama tentang kurikulum sekolah dibawakan secara bergantian oleh Ustadz Abdul Rahman, S.Si selaku Wakil Kepala SMP Bid. Kurikulum dan Ustadz Bachtiar, S.Pd. selaku Wakil Kepala SMA Bid. Kurikulum. Sesi pertama materi study banding ini berfokus pada perimbangan mata pelajaran ashri (umum) dan syar’i di sekolah.

Al Binaa Mengelola Sampah Mandiri

Materi berikutnya tentang Sarana Prasarana disampaikan oleh Ustadz Wahono, S.Pd. selaku Bag. Sarana Prasarana SMP. Dalam presentasinya beliau menerangkan satu per satu bangunan di Al-Binaa yang diperlihatkan di layar. Materi kemudian dilanjutkan kepada pembahasan mengenai pengelolaan sampah, yang dijelaskan oleh Ustadz Sofyan Toha selaku penanggung jawab pengelolaan sampah di Al-Binaa. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa pengelolaan sampah di Al-Binaa dulunya sempat dikerjasamakan secara berbayar dengan pihak ketiga, namun kini alhamdulillah Al-Binaa telah dapat mengelola sampah secara mandiri, dengan berbasis pemilahan sampah berdasarkan jenisnya (organik/anorganik). Melalui sistem pengelolaan sampah yang diterapkan di Al-Binaa saat ini, sampah yang tadinya dirasakan sebagai persoalan yang membebani, kini berubah menjadi sumber daya yang menghasilkan manfaat ekologis dan ekonomi bagi pesantren.

Materi terakhir study banding disampaikan oleh Ustadz Hasyim, MM selaku Direktur BUMA (Badan Usaha Milik Al-Binaa) Beliau menjelaskan riwayat dari usaha-usaha yang didirikan pesantren dan profil lini-lini usaha yang ada di Al-Binaa, yaitu: Binaa Mart, Ashafa, Al-Binaa Inn, dan ATC (Al-Binaa Training Center)

 

Sesi presentasi dan tanya jawab tentang materi study banding diakhiri oleh MC pada pukul 10.45. Selepas penutupan, rombongan dari Yayasan As-Sunnah kemudian diajak untuk jaulah (keliling) ma’had Al-Binaa.

Baarakallahu fiikum

Laporan :

Al Akh Taufiq Nuruddin  حَفِظَهُ اللهُ

Twitter kami

Recent Posts

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.