الملتقى الرابع لرواد التنمية الاجتماعية

تنمية الموارد المالية و الأوقاف – بماليزيا

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alhamdulillah, Pesantren Al Binaa kembali mengirimkan delegasinya atas nama Panji Asmara untuk mengikuti seminar internasional ke-4 untuk para pelopor pembangunan sosial.

Seminar internasional ini diadakan oleh MS ASIA bekerja sama dengan International Institute for Muslim Unity (IIMU) Malaysia dengan mengambil tema “Pengembangan Sumber-sumber keuangan Lembaga dan Waqaf”.

Seminar ini diadakan tanggal 12-16 januari 2020 di Hotel De Palma Jl. Ampang Kuala Lumpur Malaysia, diikuti oleh 9 negara, yaitu : INDONESIA, MALAYSIA, THAILAND, KAMBOJA, FILIPINA, INDIA, SRILANGKA, NEPAL, dan AUSTRALIA.

Para peserta berjumlah 40 orang pilihan dari 100 an pendaftar dari berbagai negara dengan melihat cv dan profil yayasan yang mereka kelola.

Proses Acara

Seminar ini dibuka langsung oleh Direktur MS ASIA Syekh Solih Al Zouman, kemudian sambutan dari Direktur Lembaga Future Investment Riyadh, Saudi Arabia.

Seminar yang berlangsung selama 5 hari ini di isi oleh nara sumber yang ahli di bidang pengelolaan lembaga amal sekaligus trainer internasional, yaitu :

  1. DR. Yasir Abdul Muhsin Al Tuwaijiry, beliau adalah Praktisi berpengalamanBERKEBANGSAAN SAUDI MERUPAKAN DIREKTUR EKSEKUTIF DI YAYASAN SOSIAL TERBESAR DI RIYADH DAN JEDDAH, “MAKTAB JALLIYAT” yang MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM DUNIA MARKETING TERKHUSUS DALAM ‘JAMA’ TABARRUA’AT.
  2.  DR. Sulthan Muhammad Al Duwaisy, BERKEBANGSAAN SAUDI ARABIA MENJABAT DIREKTUR YAYASAN WAQAF ISTITSMARUL MUSTAQBAL (MERUPAKAN YANG TERBESAR DI SAUDI ARABIA) BERPENGALAMAN DUDUK 1 JAM BISA MENGHASILKAN DONASI JUTAAN DOLAR AMERIKA UNTUK LEMBAGA AMAL DAN WAQAF

Penyampaian materi dari dua narasumber tersebut sangat berkesan yang syarat ilmu dan pengalaman bagi seluruh peserta yang hadir.

Dalam seminar tersebut ditampilkan 5 peserta terbaik untuk mempresentasikan salah satu pengalaman sukses dalam penggalangan dana di yayasan masing-masing.

Berikut adalah urutan peserta dengan presentasi terbaik di seminar internasional ke-4 Kuala Lumpur Malaysia :

  1. Yayasan Ar Rayah Sukabumi Jawa Barat Indonesia
  2. Yayasan AL BINAA Bekasi Jawa Barat Indonesia
  3. Lembaga Baitul Maal dan Masjid An Najmy Srilangka
  4. Universitas Fathani Thailand
  5. Universitas Al Ishlah Al islamiyyah Nepal

Kegiatan ini begitu berharga bagi seluruh peserta, semoga Allah subhanahu wata’ala memberikan balasan kebaikan bagi para panitia, narasumber dan seluruh element yang terlibat dalam acara besar ini, semoga ilmu dan pengalaman yang kami dapat dari seminar ini  bisa menjadi kontribusi besar bagi lembaga-lembaga islam di dunia khususnya di yayasan yang kami kelola.

Salah satu pesan sederhana namun sangat penting dari seminar ini adalah “BERPIKIR BESAR, MEMULAI DARI YANG KECIL DAN KERJAKAN SEKARANG”

Acara ini diakhiri dengan sesi pemberian penghargaan bagi peserta-peserta terbaik dan sesi foto bersama pemateri.

Sekian

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Ditulis oleh : Panji Asmara

Share This Post!

Twitter kami

Recent Posts

Mari bergabung bersama 1500 santri yang sedang belajar dan berkembang di albinaa

Menjadi bagian dari perubahan global bersama albinaa.