Pesona Kimia tingkat SMP/sederajat merupakan kompetisi di bidang kimia tingkat Nasional yang diadakan dan diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mencakup kemampuan analisa penggunaan ilmu kimia sebagai solusi permasalahan lingkungan dan pengaplikasian ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari sebagai ajang pengujian intelektualitas dan pemahaman ilmu kimia. Alhamdulillah, pada babak penyisihan yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 3 Oktober 2015, 5 TIM SMP IT Al Binaa lolos ke Babak Semifinal bersama 5 TIM dari sekolah lain di antaranya
Nama-nama Santri Al Binaa yang lolos ke babak semifinal yaitu:
TIM SMP IT Al Binaa:

  1. Az-Zukhrufu  Fi Silmi S, Syifa Adyaradhina & Arzita Diaudra Diva F
  2. Ihsan Rahadiyan, Muhammad Rheyhan Izza Wahyudi & Muhammad Galvin Syah Zaidan
  3. Dhiya Hallausania Putri T, Haliza Nurul Almira & Fatimah Zulkamaen Al-jazi
  4. Muhamad Iqbal Alferrari Rusmanto, Aqil Rabbani Nurhadi & Muhammad Farhan
  5. Fattah Achsany Rizkillah, Muhammad Taufiq & Daffa Azami Sazaly

Selain kelima TIM dari AlBinaa, TIM sekolah lain yang masuk ke babak semifinal adalah 2 TIM SMP IT Al Kahfi, 1 TIM SMP Narada NPS, 1 TIM SMPN 4 Setu, dan 1 TIM SMP Global Mandiri Jakarta. Alhamdulillah, pada babak Semifinal yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2015, tiga TIM SMP Al Binaa (yang diBOLD) masuk ke babak final bersama 2 TIM dari SMP IT Al Kahfi. Babak final diadakan pada tanggal yang sama.
Alhamdulillah, setelah bersaing ketat pada babak final akhirnya TIM SMP IT Albinaa yang beranggotakan Az-Zukhrufu  Fi Silmi S, Syifa Adyaradhina & Arzita Diaudra Diva F keluar sebagai juara pertama dalam pesona kimia UNJ tingkat SMP 2015. Sedangkan TIM SMP IT Albinaa yang beranggotakan Dhiya Hallausania Putri T, Haliza Nurul Almira & Fatimah Zulkamaen Al-jazi menjadi juara 3, dan TIM SMP IT Albinaa yang beranggotakan Muhamad Iqbal Alferrari Rusmanto, Aqil Rabbani Nurhadi & Muhammad Farhan menjadi juara harapan 2. TIM SMP IT Al Kahfi yang beranggotakan Muhammad Nuh Ihsan, Muhammad Farhan Abrar & Muhammad Alif Iqbal menjadi juara 2 dan TIM SMP IT Al Kahfi yang beranggotakan Muhammad Irfan Husaini, Teuku Rafi Baihaqi & M. Naufal Dzaki Rayhan A menjadi juara harapan 1.
Semoga Santri Al Binaa bisa memberikan yang terbaik bagi dirinya, keluarga, sekolah dan Umat Islam pada Umumnya. Selamat berkompetisi pada perlombaan atau perlombaan lainnya. SEMANGAT!