Alhamdulillah segala puji dan syukur hanya disampaikan kepada Allah Jalla wa ‘Ala segala kenikmatan semua bersumber dari-Nya semoga kita termasuk yang digolongkan kepada orang yang selalu mensyukuri atas segala nikmat nikmat tersebut. Termasuk dalam hal ini setelah penantian yang cukup panjang dari progress AC Central di Asrama Santri Putra Al Binaa mulai dari penambahan daya sampai instalasi AC Central tidak kurang dari kurun waktu 2 tahun tentu ini adalah sudah kehendak Allah Jalla wa ‘Ala (Qaddarallahu masya’a Fa’al) dengan tidak menapikan jg dari usaha yang sudah cukup maksimal. Tapi alhamdulillah dari segala kesabaran Al Binaa menanti pihak yang mengerjakan pemasangan AC Central ini sudah menemukan titik terang dengan telah diujicobakan AC Central ini mulai dari tanggal 9 Oktober 2016.
Pimpinan Pesantren mewakili dari lembaga Al Binaa menyampaikan bahwa program AC Central ini adalah merupakan keputusan yang telah diambil kesepakatannya untuk dipasang diseluruh Asrama Santri Putra yang berjumlah 70 kamar, dan sekarang sudah mulai bisa dirasakan oleh para santri Al Binaa sekalipun masih belum maksimal karena masih dalam proses finishing yaitu pembungkusan seluruh piva yang membentang dengan lapisan khusus dan terakhir akan dilapisi denga n aluminium foil.
Dalam amaanahnya yang disampaikan Pimpinan Pesantren Ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc menyampaikan kepada para santri di sela sela kunjungan perdana saat running test AC Central  bahwa seluruh santri harus bisa menjaga asset inventris ini yang kalau dihargakan dana yang dipakai untuk AC Central ini tidak kurang dari 3 milyar rupiah. Al Binaa ingin mengajak kebersamaan semua para santri bagaimana asset ini bisa berfungsi dengan baik dan normal tanpa ada unsur unsur iseng ataupun canda dan sejenisnya sehingga menimbulkan kemadaratan terhadap semua pihak.
Al Binaa sangat memahami dengan kondisi para santri dan orang tua santri yang sudah cukup lama menanti kapan bisa menikmati AC Central di Asrama ini, dan kondisi itu sama juga halnya yang dialami oleh Pihak Al Binaa sendiri karena kalau dari sisi biaya yang dikeluarkan sebetulnya sudah tidak ada kendala. Al BInaa telah menunjuk salah satu rekanan yang dirasa sangat mumpungi dan mampu untuk memasang AC central ini, tapi sekali lagi memang manusia semuanya bisa merencanakan sesuai dengan deadline yang telah ditentukan tapi ternyata disana ada hal lain yang memang kita harus menerima terhadap taqdir atau ketentuan Allah Jalla wa ‘Ala. Ternyata pemasangan AC Central ini harus memerlukan waktu yang sangat panjang dikarenakan kendala teknis dari pihak yang telah ditunjuk oleh Pesantren Al Binaa.
Ala kulli haal bahwa AC Central di Asrama Putra sudah 2 malam ini bisa dinikmati dinginnnya oleh para santri sampai sampai dinginnya menusuk badan mereka he.. he….. In sya Allah sesuai dengan kesiapan dari pihak yang mengerjakan bahwa mulai pertengahan November 2016 seluruh Asrama santri di Al Binaa Putra  secara serempak sudah buisa menikmati AC Central ini secara berkelanjutan. Semoga kita semua termasuk orang orang yang bersabar dan yang bersyukur. Amiin yaa robbal a’alamin.
Dilaporkan oleh: Majlis Ma’had Al Binaa