Al hamdulillah, Tahfizh Al Qur’an merupakan program inti pesantren di Ma’had Al BINAA Islamic Boarding School. Sebagaimana program inti pesantren lainnya, Ma’had AL BINAA senantiasa memberikan dan mencurahkan perhatian dan motivasi yang lebih, dalam memaksimalkan program inti pesantren tersebut.
Salah satu wujud perhatian Ma’had AL BINAA terhadap program Tahfidz Al Qur’an adalah diadakannya kegiatan Wisuda perdana Tahfizh Al Qur’an / Haflu Takhrij Wa Takrim Hafazhatil Qur’an. Ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc. Dalam sambutan beliau menjelaskan bahwa acara wisuda ini bertujuan memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi santri yang hafalannya sudah mencapai  target sebagai upaya untuk menambah motivasi dan minat santri dalam menghapal Al Quran serta meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an.
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari ahad, 25 Oktober 2015 dan diikuti oleh 64 orang santri yang telah diuji serta lulus seleksi tim tahfidz Ma’had AL BINAA, dengan sebanyak 6 orang penguji dari tanggal 12-16 Oktober 2015. Wisuda tahfzhul Qur’an kali ini adalah yang perdana diadakan di Al Binaa dan in sya Allah kegiatan ini cukup memberikan banyak motivasi kepada para santri dalam meningkatkan minat baca dan menghafap al-Qur’an. Dan in sya Allah akan digelar pula kegiatan yang serupa untuk di Pesantren Al Binaa Putri pada bulan bulan ini, sebagaimana yang disampaikan Pimpinan Pesantren pada saat memberikan sambutannya.
Setelah santri lulus seleksi  maka santri calon wisudawan wajib menyetorkan

hafalannya dengan sempurna kepada pembimbing halaqah tahfidz masing-masing, sesuai dengan kategori juz masing-masing. Adapun kategori juz tiap angkatan adalah sebagai berikut :
 
Kelas VII Q.S. Al-Fajr sampai An-Naas,
Kelas VIII Q.S. An-Naba’ sampai An-Naas,
Kelas IX   Q.S. Al-Mulk sampai An-Naas,
Kelas X    Q.S. Al-Baqarah ayat 1-141,
Kelas XI   Q.S. Al-Baqarah ayat 1-252,
Kelas XII  Q.S. Al-Baqarah ayat 1 sampai Aali Imraan ayat 91.
 
 
Tak lupa kegiatan ini juga diliput dan disiarkan secara langsung oleh tim AL BINAA TV melalui streaming di albinaa.tv/livewisuda.
 
Semoga usaha ini dapat semakin menambah motivasi dan minat santri-santri AL BINAA dalam meningkatkan kualitas bacaan AL Qur’an mereka serta semoga usaha ini dapat menjadi pemberat timbangan amal shalih di hari akhirat kelak. Aamiin.
(Departemen Khairukum Ma’had AL BINAA)